Oleh: reyzalmysterio | 2 Oktober 2009

TWITTER MULAI MENJAMUR.TWITTER APA SIH ITU ?

Banyak jejaring sosial yang semakin populer di dunia maya alias internet. Populernya jejaring ini karena mudahnya mencari teman dan saling berbagi tanpa melihat perbedaan waktu, tempat, dan juga budaya. Diawali dengan booming Friendster dan MySpace, lalu populernya Facebook yang langsung disukai karena kesederhanaan layout dan pilihan untuk berkoneksi. Kali ini nampaknya Twitter yang sedang jadi jawara di kalangan para selebritis Hollywood. Bahkan menurut Wikipedia, Twitter sekarang telah menjadi situs jejaring sosial terbesar ketiga setelah Facebook dan MySpace. Tapi apa sih sebenarnya Twitter itu?
twitter
Jejaring pertemanan berlogo burung berwarna biru ini sebenarnya sama saja dengan jejaring sosial lainnya. Bedanya, Twitter adalah sebuah layanan microblogging di mana anggotanya bisa menjawab pertanyaan “Apa yang sedang kamu lakukan?” dengan mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.

Format jawaban pendek yang disebut dengan tweet itu menunjukkan karakteristik layanan yang diberikan oleh Twitter yang merupakan keunggulannya dibanding situs lain. Twitter memudahkan disampaikannya informasi singkat dan padat tanpa harus capek-capek mengirim SMS atau e-mail. Keunggulan lainnya adalah kita bisa berbagi informasi dengan orang-orang lain di luar kontak HP atau e-mail kita. Tentu saja, hal ini bisa membuat lingkaran teman kita lebih banyak, lebih luas, dan kita bisa bergabung ke dalam komunitas orang-orang yang lebih besar dan cepat berkembang.

Menggunakan layanan Twitter pun tampaknya jauh lebih mudah daripada layanan jejaring pertemanan lainnya. Kita bisa mengirimkan pesan singkat kita melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter secara langsung, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox.

Lalu, sebenarnya apa sih yang membuat Twitter menjadi begitu populer? Sepertinya karena Twitter bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan, apakah itu untuk urusan pribadi ataupun untuk urusan bisnis.

Twitter bisa digunakan sebagai sarana yang hebat untuk terus berhubungan dengan teman-teman kita. Kita bisa memberikan informasi dengan cepat tentang keberadaan kita ataupun apa yang akan kita lakukan. Misalnya, kita bisa menulis, “Aku mau makan teriyaki di resto Jepang nih, ada yang mau ikutan nggak?” Dan kita tinggal menunggu teman-teman kita memberi respons pada tweet kita (alias memberi RT, Response Tweet).

Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.

Saking mudahnya penggunaan Twitter, sampai-sampai pemerintah Israel pun mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan melakukan konferensi pers via Twitter sejak 30 Desember tahun lalu. Tak main-main, NASA juga menggunakan Twitter untuk memberi berita terbaru mengenai penemuan air di Mars pada Oktober 2007 silam. Bahkan, Presiden Amerika, Barack Obama, juga punya akun di Twitter yang bebas diikuti.

Tak hanya para eksekutif dan politikus saja yang menggunakan Twitter, selebritis pun tak mau ketinggalan memanfaatkan jejaring ini untuk berhubungan dengan teman, fans, dan keluarga. Bahkan mencari opini fans tentang lagu yang pas untuk dimasukkan ke album the best seperti yang dilakukan manajemen Madonna.

Beberapa selebritis Hollywood yang Twitterfreak di antaranya Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.

Namun seperti halnya dua sisi mata uang, jika Twitter memiliki banyak manfaat, pasti juga akan ada segi negatifnya. Dengan kecanduan main Twiiter dan menulis segala sesuatunya di situs yang bisa diakses sembarang orang, bisa jadi Twiiter akan memberikan dampak yang tak diinginkan dalam kehidupan kita.

Nggak mau kan diputusin gara-gara terlalu sering mengirim tweet sementara sering lupa SMS pacar seperti John Mayer diputusin Jennifer Aniston? Atau Pete Wentz yang dicurigai oleh Ashlee Simpson gara-gara setelah mengirim SMS pamit pergi tidur tapi 13 menit kemudian ketahuan mengirim tweet lelucon jorok pada teman Twitter-nya?

sumber kapanlagi.com

Posted by reyzalmysterio at
2-10-2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: