Oleh: reyzalmysterio | 28 Maret 2009

TENTANG UJIAN NASIONAL 2009

Ujian Nasional tidak lama lagi segera dilaksanakan, sudah saatnya anak-anak SMP/SLTP, SMU/SMA/SLTA dan SMU tingkat akhir mulai mengencangkan ikat pinggang menyambut saat-saat menyakitkan atau mendebarkan atau apalah sesuai keadaannya masing-masing. Ada yang senang, ada yang bingung, ada yang pusing, ada juga yang biasa-biasa aja. Kalau saya dulu mah pengin segera ikut ujian dan pengin segera melihat hasil belajar saya selama 3 tahun di masing-masing tingkat…😀

Sepengetahuan saya, soal-soal ujian nasional bisa “dikira-kira” hasil jawabannya, jadi mungkin bagi yang mempunyai “logika” yang baik akan lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Untuk proses belajar, saya sarankan pake sistem “learning by doing”, lakukan sebanyak mungkin “try out” ujian nasional… Nanti akan kelihatan bagian mana yang belum dimengerti dan sangat besar kemungkinan akan menemukan “jurus-jurus” jitu dalam mengerjakan suatu soal. Kalau kata orang-orang itu “pengalaman adalah pelajaran yang sangat berharga”. Dengan mengerjakan banyak soal-soal ujian, pengalaman temen-temen juga akan semakin bertambah. Tuk gak..?

Nah, saat mengerjakan soal ujian, biasakan kerjakan soal-soal pendek dan yang dinilai mudah dulu… bertahap, ntar kalo langsung mengerjakan soal yang sulit bisa pusing tuh kepala… intinya bertahap deh… jangan langsung di”over clock” tuh prosesornya…😀

Jangan lupa badan harus “fit” ketika mengikuti ujian nasional, jangan sampai karena semangat belajar, badan jadi sakit atau kurang fit… minum susu, makan teratur itu perlu dilakukan, termasuk makan-makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe atau ikan.

Yah mungkin itu dulu yang bisa saya berikan, semoga hasil ujiannya memuaskan yak… (masih berapa bulan lagi ya…😀 )

Standar Kelulusan Ujian Nasional 2009 Naik 5,50 Ayo SEMANGAT!!!

JADWAL UN 2008/2009
UN SMA / MA : 20 – 24 April 2009
UN SMP / MTs : 27 – 30 April 2009
UASBN SD : 11 – 13 Mei 2009

SYARAT LULUS UN 2008/2009
1. Memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan.
2. Memiliki nilai minimal 4,00 untuk dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya.
3. Khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran kompetensi keahlian kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

STANDAR KELULUSAN
Tahun Standar
2008 / 2009 5,50
2007 / 2008 5,25
2006 / 2007 5,00
2005 / 2006 4,25
2004 / 2005 4,25

Selain menaikkan standar kelulusan, BSNP juga memperpanjang hari pelaksanaan ujian nasional dari semula 3-4 hari menjadi 5 hari. Tanggal pelaksanaan UN tidak ada perubahan meski ada Pemilu 2009.

Koordinator UN BSNP Djemari Mardapi mengatakan, setiap tahun pelaksanaan UN dievaluasi dan standar kelulusannya selalu dinaikkan 0,25. “Menurut kami pelaksanaan UN berdampak pada peningkatan kualitas,” ujarnya.

Untuk menentukan nilai standar rata-rata kelulusan UN. BSNP mengadakan uji coba pelaksanaan UN di berbagai sekolah di Indonesia dengan kualitas sekolah yang berbeda-beda. Hasilnya hanya 8-9 persen siswa yang tak lulus.

“Uji coba sudah dievaluasi dan pada pelaksanaan nanti tidak akan terjadi lonjakan siswa yang tidak lulus,” ujar Ketua BSNP Mungin Eddy Wibowo yang juga hadir pada konferensi pers itu.

BSNP juga menentukan bahwa hanya boleh dua mata pelajaran UN bernilai minimal 4,00 dan untuk mata pelajaran lainnya minimal 4,25. Khusus SMK, nilai mata pelajaran kompetensi keahlian kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Ada empat kriteria lulus satuan pendidikan. Keempat kriteria itu adalah menyelesaikan program belajar, mendapat penilaian baik untuk pelajaran budi pekerti yang meliputi agama, akhlak mulia, jasmani, dan estetika, lulus ujian sekolah, serta lulus UN. “Jadi, ujian nasional ini hanya salah satu penentu kelulusan, ” kata Mungin.

Soal-soal UN itu diambil dari irisan kurikulum yang dipakai di satuan pendidikan, yakni kurikulum 1994, kurikulum 2004, dan standar isi.

Pelaksanaan UN yang tahun lalu 3-4 hari, tahun ini 4-5 hari tanpa menambah mata ujian. UN siswa SMP dilaksanakan 27-30 April 2009, SMK dan SMA luar biasa 20-22 April 2009, dan SMA/MA 20-24 April 2009. Penyelenggaraan ujian akhir sekolah berstandar nasional untuk siswa SD 11-13 Mei 2009. Pengumuman UASBN dan UN SMP pada minggu ketiga Juni 2009. Pengumuman UN SMK/SMA/MA pada minggu kedua Juni 2009.

Dari pengalaman saya pribadi,lo mo ulangan/UAN,,saya baru belajar malamnya….. menurut kalian perilaku belajar seperti itu jelek ga sih? Menurut aku sih jelek he perasaan diriku udah sering gitu soalnya, masa Cuma kalau ada UAN saja belajarnya nanti kalau ada ulangan dadakan gimana hayo, pasti pada gelabakan. Tapi kalau yang udah belajar “Enjoy aja”Fans LA . Nah ada lagi satu orang pas kalau lagi keadaan tersebut dia malahan cuek aja, nganggep enteng, masa bodo, EGP. Dia itu orang yang kurang memperdulikan nilainya.Lebih bagusan mana menurut kamu. Orang yg kesatu apa

***

Bentar ge UAN ya.. ..
ini nih tips dari saya…

Tips Menghadapi UAN 2009

Niat

* tanpa niat kita tidak akan berhasil

Ujian itu Musuh

* jangan anggap UAN itu mudah… anggap aza dia musuh yang menghalang anda… jadi berusahalah untuk melawannya,, dengan belajar sungguh-sungguh untuk mencapai keberhasilan

Strategi rencana

* rencana ngapel,nonton,dll merencanakan belajar yang efektif…dengan belajar, mencari bahan dibuku2 perpustakaan dan dari internet

Belajar kelompok

* Marilah sharing2 pelajaran/belajar secara berkelompok…kan bisa tanya jawab tuh..karena tidak semua orang bisa…

Latihan

* Perbanyaklah latihan soal2 UAN

Minta restu ORTU

* cieeee mo kawin ya… mohon doa restu orangtua… kata orang.. doa ortu itu manjur..insyaallah terkabulkan..

Berdoalah pada Tuhan

* sebagai umat yang taat beragama berdoalah kepada tuhan agar diberi kemudahan untuk menjawab soal2 yang nanti di ujiankan

Tidak semua itu mudah,,,, perlu perjuangan…marilah dari itu berusahalah agar apa yang diinginkan tercapai Amiennnnn..

Buat teman2 yang akan menghadapi UAN..
good luck ya fren…

Ingat : hasilnya mo LULUS or TIDAK LULUS

salam

reyzalmysterio
rizal fahmi

ujian nasional 2009

ujian nasional 2009


Responses

  1. Ya brow…sama sama mo ujian.
    UAN udah di depan mata.so,persiapkan diri kita sebaik baiknya..don’t forget,jaga kesehatan…

  2. Kox UAN dah di dpan mata,padahal kan rasanya qta baru kemarin masuk MOS SMP..tolong!

  3. kerennn sihhh bagusss makasihh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: