Oleh: reyzalmysterio | 7 Maret 2009

PREDIKSI MANUSIA ANEH SESUDAH TAHUN 2012

MANUSIA ANEH

generasi homo sapiens sesudah abad 21

Konon sesudah tahun 2012 akan muncul manusia manusia aneh seperti indigo ataupun yang lainnya.Benar saja semakin hari anak anak indigo semakin berkembang dengan pesat,bahkan keberadaannya sering sekali dijadikan nara sumber di banyak media cetak atau di beberapa stasiun televisi swasta.Namun disisi lain,anak anak indigo juga secara langsung dapat memperbaiki peradaban umat manusia di muka bumi.

Beberapa tahun belakangan ini berita tentang “anak indigo” cukup banyak diulas di media, walaupun belum ada yang meneliti berapa sebetulnya jumlah anak indigo di Indonesia. Hanya dipastikan, persentase jumlahnya masih sangat sedikit, kira-kira 10.000 : 1. Psikolog Elly Risman, yang dikutip oleh Pikiran Rakyat, menjelaskan bahwa kecilnya angka anak indigo yang diketahui, disebabkan sikap orang tua yang belum memiliki kesadaran memeriksakan anak ke psikolog. “Mungkin ini yang menyebabkan tidak adanya data yang valid mengenai jumlah anak indigo” katanya. Mengapa kita perlu memahami tentang “anak indigo” ini? Karena ada kemungkinan bahwa anak anda adalah seorang indigo, bahkan bisa pula seluruh anak yang anda lahirkan adalah seorang indigo.

Apa yang dimaksud dengan “anak indigo?”

Indigo adalah istilah yang diberikan kepada anak yang menunjukkan perilaku lebih dewasa dibandingkan usianya dan memiliki kemampuan intuisi yang sangat tinggi. Biasanya mereka tidak mau diperlakukan sebagai anak-anak. Secara harfiah, indigo adalah nama warna antara biru dan ungu, yang kerap pula disebut nila.

Wendy Chapman, dalam tulisan Rossini, menjelaskan bahwa anak indigo adalah anak-anak yang umumnya tidak mudah diatur oleh kekuasaan, tidak mudah berkompromi, emosional dan beberapa diantaranya memiliki tubuh rentan, sangat berbakat atau berkemampuan akademis baik, dan mempunyai kemampuan metafisis. Sering dianggap anak ADD, walaupun mudah bersikap empati dan iba terhadap orang lain, atau terlihat sangat dingin dan tak berperasaan, dan memiliki kebijakan melebihi usianya,juga yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam melakukan hal hal di luar logika seperti menerawang masa depan,banyak yang berpendapat,itu karena indera ke 6 yang dimilikinya. Apakah hal-hal tersebut seperti anda sendiri atau anak anda?

Kapan istilah “anak indigo” ditemukan?

Istilah anak indigo diketemukan oleh Nancy Ann Torp, seorang konselor, pada tahun 1970 an. Dia meneliti warna aura manusia dan menghubungkannya dengan kepribadian. Mereka yang memiliki aura nila atau indigo ini ternyata anak-anak yang dianugerahi kelebihan, khususnya kemampuan indera keenam.

Menurut Ustaz KH Abid Marzuki Lc., yang dikutip Pikiran Rakyat, dalam diskusi di The 6th Ramadhan Informal Study on Education Psychology, yang diadakan di Islamic Center, Bekasi, menyatakan bahwa “anak-anak indigo memiliki kesadaran lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka sehingga memerlukan perlakuan khusus. Tapi sayang, banyak masyarakat belum tahu bagaimana mengelola dan memperlakukan kelebihan anak indigo. Akibatnya kemampuan indera keenam anak indigo sering disalah gunakan dengan menggiring anak menjadi paranormal. Padahal kelebihan yang diberikan Allah kepada anak indigo, adalah karomah dan maunah, ” ujar alumnus Universitas Malaysia ini.

Apakah kita termasuk  indigo?

Untuk mengetahui apakah anak anda atau anda sendiri indigo, jawablah pertanyaan berikut: 1) Apakah anak anda sering bersikap seperti bangsawan? , 2) Apakah anak anda memiliki perasaan pantas diterima?, 3) Apakah anak anda mempunyai perasaan bahwa dirinya dapat dimengerti? , 4) Apakah anak anda sulit menghadapi disiplin dan kekuasaan? , 5) Apakah anak anda menolak untuk mengerjakan hal-hal pasti yang diminta untuk dikerjakan? , 6) Apakah kegiatan antri tak disukai anak anda?,7) Apakah anak anda tidak menyukai sistem yang berorientasi ritual/mekanikal dan sedikit memerlukan kreatifitas? ,8) Apakah anak anda sering dapat mengetahui cara-cara yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu, baik di rumah atau di sekolah? , 9) Apakah anak anda tidak mudah kompromi? , 10) Apakah anak anda tidak merespon/takut pada ancaman? , 11) Apakah anak anda mudah bosan terhadap pekerjaan yang ditugaskan , 12) Apakah anak anda terlihat mempunyai gejala ADD? , 13) Apakah anak anda kreatif? , 14) Apakah anak anda terlihat mempunyai intuisi yang tajam? , 15) Apakah anak anda mempunyai sikap empati yang menonjol terhadap orang lain? , 16)Apakah anak anda mempunyai pemikiran yang abstract? , 17) Apakah anak anda cerdas? , 18) Apakah anak anda sangat berbakat (yang diidentifikasi sebagai karunia)? , 19)Apakah anak anda terlihat sebagai pengkhayal? , 20) Apakah mata anak anda terlihat memancarkan mata orang dewasa, bijak dan dalam? . 21) Apakah anak anda mempunyai kecerdasan spiritual?

Jika anda mempunyai 10 jawaban “Ya”, maka anak anda kemungkinan adalah indigo. Jika jawaban “Ya” lebih dari 15, maka anak anda dipastikan sebagai anak indigo.

Indigo memang berbeda, tapi bukan “tidak normal”

Menurut psikiater Tubagus Erwin Kusuma, dalam lipuatn6.com, fisik anak-anak indigo tak jauh berbeda dengan anak lainnya. Hanya batinnya saja yang condong lebih dewasa. Anak-anak indigo sering memperlihatkan sifat orang dewasa, sangat cerdas, dan memiliki indera keenam yang sangat tajam. Anak indigo pada umumnya tidak menginginkan diperlakukan sebagai anak-anak. Tidak jarang mereka sering memberi nasehat pada orangtua masing-masing.

Tubagus menambahkan, indigo bukanlah penyakit atau kelainan jiwa. Kendati demikian, ada yang menganggap fenomena indigo sebagai kelainan jiwa. Akibatnya penanganannya seringkali salah, yang akan berdampak pada penderitaan sang anak. “Kalau bisa, konsultasi untuk menghadapi anak-anak indigo,” Tubagus menambahkan.

Pernyataan Tubagus diamini Rossini, indigo dewasa yang sekaligus pembimbing anak-anak indigo. “Ketika di masa anak-anak pemahaman spiritual sudah matang tapi belum diikuti penalaran”, kata Rossini. Menurut Rossini, tugas orangtua dewasa untuk membimbing anak-anak itu agar penalaran dan spiritualnya seimbang.

Tips untuk mendidik anak indigo

Wendy Chapman, memberikan 10 tips untuk mendidik anak-anak indigo, sebagai berikut:

1. Perlakukan mereka dengan penuh penghargaan. Jika anda tidak menunjukkan penghargaan kepada mereka, mereka juga akan demikian, walaupun anda mempunyai otoritas atau kekuasaan.
2. Dengarkan pendapat mereka. Mereka perlu tahu bahwa anda peduli dan mengenali sistem nilai mereka.
3. Kembangkan kemampuan mereka. Beri mereka pilihan, seperti misalnya tipe produk yang akan dipelajari, apa perintah untuk pekerjaan yang harus dilakukan, pilihan antara dua kegiatan. Memiliki suara yang didengar membuat rasa yang berbeda atas penghargaan diri, biasanya akan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pilihan yang sudah mereka buat dan konsekuensinya akan memperbaiki sikap mereka terhadap anda dan terhadap pendidikan.
4. Bangunlah sikap koperatif dan hindari memberi perintah. Anak indigo tidak akan peduli terhadap hal-hal yang dimaksudkan untuk mengontrol mereka. Merka akan peduli terhadap perlakuan yang bersifat adil dan baik.
5. Bantu mereka melakukan hal yang berbeda. Jika mereka frustasi, misalnya pekerjaan sekolah, sehingga mereka merasa sendiri di dunia, bantulah mendorong mereka untuk berbuat sesuatu yang positif untuk merubahnya. Seperti menulis surat, karya tulis, puisi, membuat poster, T shirt, mengorganisasi kelompok diskusi.
6. Bantu mereka membangun bakat dan kemampuannya. Dorong mereka untuk kreatif dan berani mengekspresikan kepribadian merka yang unik.
7. Bersikap toleran terhadap emosinya yang ekstrim. Bantu mereka membuat keseimbangan menggunakan aromaterapi, ijinkan mereka minum air putih di kelas, bersikap tenang, atau latihan visualisasi.
8. Dorong mereka untuk menjadi sumber kedamaian bagi orang lain. Indigo dilahirkan untuk menjadi sumber kedamaian. Dorong mereka untuk melatihnya. Hal ini akan membangun komunikasi dan welas asih. Jadilah pembimbingnya dalam hal ini.
9. Jelaskan MENGAPA untuk semua hal. Mengapa ada aturan, mengapa mereka perlu untuk mengerjakan pekerjaan rumah/sekolah. Mengapa dunia seperti ini? Jika anda tidak mempunyai jawabannya, pahami rasa frustasi mereka dan tunjukkan sikap empati.
10. Kurangi obat-obatan untuk ADD. Indigo bukan ADD, tapi indigo secara alamiah memberikan perhatian pada sesuatu secara selektif. Jika mereka dapat fokus pada sesuatu yang mereka pilih untuk jangka waktu yang lama,kemungkinan anak ini indigo, bukan ADD. Walaupun nampaknya ada masalah pada perhatian, carilah alternatif terapi, bukan dengan Ritalin, jangan menekan kreatifitas alamiah dan kepemimpinan indigo, tetapi bantulah untuk mengorganisir.

Sebagai orangtua, anda juga harus membuat anak indigo disiplin, dan membuat mereka belajar tentang perilaku yang bisa diterima atau tidak. Dan belajar untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak bisa diterima. Bersikaplah adil, dan berikan batas toleransi yang pantas. Katakan yang sesungguhnya sesuai dengan umurnya, dan jangan bohong karena mereka akan tahu. Katakan bahwa dia dicintai dan peluk sebanyak mungkin.

Indigo juga eksploratif dan banyak energi. Akan sangat menolong jika orangtua membantu menyalurkan energi pada sesuatu yang menyenangkan, produktif dan tidak berbahaya.

untuk itu,saya pribadi berpesan agar jangan berabnggapan negatif terhadap kata ‘INDIGO’ yang penuh teka teki  tersebut.

ReyzalMysterio

Apakah anak-anak indigo bisa menjadi orang yang sukses? Pengalaman membuktikan, bahwa banyak anak indigo yang jika penanganannya benar, menjadi orang yang sukses, bisa lulus dari universitas, ada yang menjadi psikolog, psikiater, bahkan pemusik andal. Jadi, coba teliti apakah di keluarga ada yang indigo? Jangan kawatir, jika anda memahami mereka serta dapat mengelola dengan baik, maka anak indigo adalah anak yang menyenangkan, dan tingkat kesuksesan nya di masyarakat tinggi.


Responses

  1. wah karena dunia semakin tua, kejadian aneh bermunculan…. semakin dekat saja ke hari kiamat dunia….

  2. info menarik, wah karena dunia semakin tua, kejadian aneh bermunculan…. semakin dekat saja ke hari kiamat dunia….salam

  3. yang terkena musibah itu perlu kita pelihara, munculkan rasa percaya dirinya, dan didik supaya mandiri, supaya bertanggung jawab akan hidupnya, dan jadikan ia berarti untuk dirinya sendiri dan orang lain, dan gali potensi yang ada dalam dirinya untuk dimunculkan agar ia sendiri menyadari bahwa hidup ini indah, terima kasih tulisannya.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

  4. saya indigo loh .
    haha
    yeahdi

  5. indigoooo…..wow…
    bagus nih artikelnya..salam,,buat reyzalmysterio

  6. Jika yang seperti itu kriteria indigo, di sini banyak yang termasuk indigo.. Cuman kebanyakan dari mereka cenderung pemalas ( saat disuruh mengerjakan tugas ) dan rajin pada hal-hal aneh ( yang mereka minati )..

  7. Adobe Photoshop! di edit ketauan, pixelnya keliatan

  8. Salah loh.ini kan cuma gambar yg diambil n diedit lewat ponsel.rahasianya pake aplikasi FACEWARP.trus kontras n collornya diedit pake fitur editor bawaan ponsel.(SE K810i cyber-shot)
    He.e.e.e. !!!

  9. Itu lah tanda” kebesaran Allah..
    agar kita tetap ingat kepada’y…

  10. setuju…..
    sedelapan..

  11. anak indigo,??????
    bukankah itu sama dengan anak yang lain…..
    tp kasihan jg kalo di bedakan …..
    jd,,ya disukuri aja…
    n apa itu indra keenam..

  12. mas dr smuanya 17 di antaranya adalah sifat q banget,dlu q ska di anggap aneh sma2 tmen2 q,mkanya sdkit2 dmi sdikit q ubah kepribadian q tapi hsilnya te2p aja nggak bsa,bhkan jka ada sesuatu yg aneh dket q,mka dngan cpat q psti ngerasainnya.,dan jk q dendam sma orang psti orang2 yg dia syangin and dia akan mnderita smpai q puas,jd banyak tmen2 yg takut jk dket ma q,,,,jad gman nich solusinya,,,,,,,,,,,,?

  13. it kan cma rekasa ja,bagaimana orang percaya klo it bneran.lgian it kan cma foto anak truzz kmudian di edit.adu cpk dech……

  14. Iih… Ngeri… w bnyak” doa dech… agr dilindungi ama yang di atas… :)

  15. mengenai tahun 2012 kita sebagai umat islam jangan terlalu mempercayai tentang hal ini .
    karena hanya ALLAH lah yang tahu kejadian dimasa yang akan datang , dan kita harus bisa menjadikan ini sebagai acuan untuk lebih mendekatkan diri pada ALLAH .

  16. hidup tu harusnya menjadi acuan .
    untuk selalu mendekatkan DIRI PADA YANG KUASA .
    dan semua yang terjadi pada kehidupan kita adalah takdir .

    dan kiamat itu yang menentukan adalah yang maha kuasa .
    jadi please ddeh pada para peramal yang terhormat …jangan bikin prediksi yang gak2 .
    bisa aja khand besok atau lusa atau hari ini kita di hadapin oleh kiamatnya…
    gak mesti nunggu 2012 …..
    astagfirullahaladziimmm…..

  17. yang bener aja sih manusia biasa bisa memprediksikan hal yang seperti itu,ingat nabi allah saja tidak mengetahuinya, begitu pula denagn malaikat allah, tapi jika hanya untuk memprediksi dan tidak dengan keyakinan,itu tidak apa-apa, tapi i=kita harus ingat ada allah yang maha tahu segalanya,,,,,,,,,

  18. pada tolol yah , anak kecil di edit pake photosop .
    trus ga mungkin ssudah abad 21 manusia akan sperti itu . hanya allah yang tau .

  19. berarti yg memprediksi indigo dunk………. (bgt)..??

  20. what ini beneran manunssssssia……..
    terbukti TUHAN maha sempurna.subahanallo

  21. jiaahhh….cuma editan photosop neh foto… ketauan bngt foto boongan….
    ..nunjukin bukti yg real dong….

  22. editannya amatiran pula….parah nipunya..

  23. saya jg bsa buat yang kyk gtu……..!!!!!!

  24. dasar…..
    tolol……
    Kau ajalah jadi Tuhan….
    atas dasar dan bukti apa ???? orang kayak kau inilah tanda2 kiamat…

  25. [...] PREDIKSI MANUSIA ANEH SESUDAH TAHUN 2012 generasi homo sapiens sesudah abad 21 [...]

  26. [...] PREDIKSI MANUSIA ANEH SESUDAH TAHUN 2012 generasi homo sapiens sesudah abad 21 [...]

  27. itu foto palsu, paling di edit.
    tapi tentang artikel nya itu tidak benar. kita tidak bisa memprediksi itu semua sampe manusia aneh, kiamat, kita jalani saja hidup kita. Tapi jalani dengan hal hal yg berguna. Kalau kita yakin itu semua pasti tidak ada. itu hanya tekanan pikiran kita saja terhadap yang begituan. :)

  28. orang cacat

  29. bagus sekali tulisannya…… bisa menambah wawasan seandainya saya nanti punya anak dengan ciri-ciri seperti itu, saya tahu bagaimana cara menyikapinya …… thanks…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: