Oleh: reyzalmysterio | 21 Februari 2009

JANGKA SORONG

JANGKASORONG

JANGKASORONG

Pengukuran Menggunakan Jangka Sorong .Masih ingat ketika pertama kali saya diajari menggunakan jangka sorong. Ketika itu saya masih kelas VII SMP pada pelajaran fisika. Guru yang mengajar pun masih saya ingat, Pak Slamet Haryadi,gelarnya gak tercantum..lupa. Tetapi masalahnya yang saya jug agak lupa yaitu pelajarannya (maaf ya Pak?, hehe) tentang mengukur menggunakan jangka sorong. Singkat cerita saya mendapat tugas mencocokkan peralatan fitting perpipaan dengan standard yang berlaku. Tetapi, untuk dapat melakukan pencocokan itu saya harus mendapatkan beberapa data. Antara lain yang data yang harus saya ukur yaitu outside diameter, inside diameter, dan thickness dari fitting (elbow, flanges, tee, tee, concentric reducer, dan eccentric reducer). Peralatan yang disediakan ya JANGKA SORONG. Awalnya sih saya kira gampang saja menggunakannya. Tetapi, ketika ke mulai mengukur saya bingung. Lho? Kok gini? Kebetulan perhitungan yang saya gunakan agak membingungkan karena menggunakan USCS (United States Customary System). Pengukuran jarak menggunakan inch. Secara konversi tidak masalah sih. Tapi gimana mau ngukur kalo masih bingung menggunakan jangka sorong. Akhirnya saya menghabiskan waktu 5 menit untuk bereksperimen menggunakan jangka sorong (untung instrukturnya nggak ada :P). Akhirnya saya ingat lagi. Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur suatu benda yang ketelitiannya mencapai seperseratus milimeter. Namun, karena yang saya gunakan adalah versi analog dan kurang dari 30cm jadi ketelitiannya hanya 0,05mm. Sedangkan untuk versi analog yang lebih dari 30cm ketelitiannya mencapai 0.01 mm. Jangka sorong biasanya digunakan untuk: # mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit; # mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa, maupun lainnya) dengan cara diulur; # mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara “menancapkan/menusukkan” bagian pengukur. Jangka sorong memiliki dua macam skala: skala utama dan nonius. Lihat contoh cara mengukur di bawah. Jangka Sorong Lihatlah skala nonius yang berhimpit dengan skala utama. Di contoh, yang berhimpit adalah angka 4 (diberi tanda merah). Itu berarti 0.04 mm. Sekarang lihatlah ke skala utama di sebelah kiri angka nonius 0. Di situ menunjukkan angka 4,7 cm. Berarti hasil pengukurannya adalah 4,7 cm + 0.04 cm = 4,74 cm. Ingat lagi kan pelajaran SMA? Hehe. Untuk pembacaan ke inch prinsipnya sama, hanya saja harus pintar menggunakan skala yang berbeda

ReyzalMysterio

About these ads

Responses

  1. kok cm hmmm,,, salam kenal ya….

  2. q kn mnt nm nm bsrt tnd pnh nya bkn gmbr aj
    gmn sich……………………….
    huh…….payah??????????????????

  3. RUUUUUUUUUUWWWWWWWWWWWWWEEEEEEEEEEEEEEETTTTTTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. @zurvia: emang kamu sblumnya udah minta,lum kan??

    @intan:secara teoritis memang keliatan rumit,tapi kalau langsung di praktekin mudah kok asal tau cara pakenya.coba deh!!!

    jangan menyerah.by,d’masiv

  5. good………… mkasih bro

  6. Nentuin ketelitianya gmana yah?

  7. aku kutip katakatanya yaa “Itu berarti 0.04 mm.”
    dan “Berarti hasil pengukurannya adalah 4,7 cm + 0.04 cm = 4,74 cm.”

    bingung sama 2 kata tersebut U,u yang satu 0,04 milimeter yang satunya lagi 0,04 centimeter -___________-

  8. bisa gk sih kita dapetin hasil jangka sorong 3 angka diblakang koma? jadi misalnya 1,465 cm ?

  9. hmmm……pengennya tau apa keunggulan jangka sorong dibandingkan mistar……?????

  10. Kok sama kata2nya
    Ad yg post ini jga
    Payahhh

  11. If there is still a tie, the records remain in
    their original sequence from before the sort. In the how to,
    scarves have been broken down by style and length of fabric.
    Needless to say, the entrepreneur must also require thorough hands on knowledge about visa regulations, immigration procedures, places of tourist interests,
    political situations, accommodation and transportation trends, festivals, history
    and culture, and all other aspects of the designations offered.

  12. Everything posted was actually very reasonable. However, think about this, what if you typed
    a catchier post title? I ain’t saying your information is not good., however what if you added something that makes people desire more? I mean JANGKA SORONG | All About ReyzalMysterio is kinda vanilla. You ought to glance at Yahoo’s front page and note how they create article headlines to get people to open
    the links. You might add a related video or a related picture or two to get readers excited about everything’ve written. Just my opinion, it would bring your website a little livelier.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: